Cara Membuat dan Resep Nasi Goreng Jawa Spesial

Siapa yang suka nasi goreng? Saya yakin pasti kalian sangat suka makanan yang satu ini. Sangat mudah dibuat. Tidak usah khawatir, kali ini saya akan memberi taukan bagaimana cara membuat nasi goreng jawa paling enak. Mau tau? Ikuti langkah berikut.

Sebelum membuat siapkan dulu bahan-bahannya. Yakni ada satu porsi nasi putih, 100 gram daging sapi yang sudah direbus dan diiris, 50 gram udang yang sudah dikupas kulitnya, 1 sdm kecap manis, 1 sdm air dan 2 sdm minyak goreng.

Untuk bumbunya, terlebih dahulu kalian siapkan 2 buah cabe merah yang sudah dibuang bijinya, 3 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 1/2 sdt ketumbar butiran, 1/2 sdt terasi matang, 1/2 sdt garam, dan 1/4 sdt gula pasir.

Dan tidak lupa siapkan bahan tambahannya yang meliputi telur yang sudah di dadar, kerupuk udang, mentimun yang sudah diiris secukupnya, dan bawang goreng.

Cara membuatnya pertama haluskan semua bumbu seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, terasi, garam, dan gula. Setelah halus, sisihkan terlebih dahulu. Kemudian, nyalakan kompor dan panaskan penggorengan. Tuang minyak, dan tumislah bahan yang sudah dihaluskan tadi sampai harum.

Setelah harum, masukkan air, kecap, dan daging. Tumis sampai daging berubah warna. Setelah itu masukkan nasi dan aduk-aduk sampai rata. Setelah warna merata, dan bau makin harum, silahkan matikan kompor, dan nasi siap disajikan.

Kreasikan nasi goreng tersebut dalam sebuah piring. Taburi bawang goreng, beri krupuk, hiasi dengan irisan timun, kubis, atau tomat. Selamat mencoba dan berkreasi. Mudahkan?



Artikel Terkait Makanan ,Nasi

Arsip Blog