Cara Membuat dan Resep Tahu Susur atau Tahu Isi Crispy Enak

Cara Membuat dan Resep Tahu Susur atau Tahu Isi Crispy Enak 2013 - Di negara kita yang tercinta ini jika kalian amati sangatlah menu makanan atau kuliner yang sangat banyak sekali jenisnya yang terbuat dari bahan tahu. Salah satunya adalah tahu susur atau tahu isi.
Jika dilihat dari namanya saja memang sangatlah unik, karena arti susur sendiri dari bahasa Jawa adalah kinang dari tembakau yang biasa dikunyah oleh orang-orang jaman dahulu, mungkin memang disebut tahu susur karena pada bagian dalamnya terdapat beberapa macam sayuran yang dipotong-potong kecil memanjang sehingga mirip susur.

Nama tahu susur memang lebih familier oleh masyarakat Jawa, namun untuk masyarakat Indonesia secara umum lebih mengenalnya sebagai tahu isi. Kuliner tradisional yang terbuat dari tahu ini sudah ada sejak jaman dahulu, dan menjadi salah satu jenis camilan gorengan yang sering dinikmati oleh masyarakat Indonesia dari segala kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Cara Membuat dan Resep Tahu Susur atau Tahu Isi Crispy Enak

Tahu susur atau tahu isi sangat cocok dinikmati ketika sore, malam atau pagi hari, terlebih lagi apabila masih hangat pasti rasanya akan lebih nikmat, walaupun jika sudah dingin tahu susur rasanya juga tetap enak. Hal ini bisa kita lihat para penjual gorengan kaki lima lebih sering menjajakan dagangannya ketika sore hari hingga malam, sedangkan untuk penjual gorengan yang sering muncul dipagi hari biasanya adalah pedagang yang juga menjual bubur.

Sebagian besar dari kita pasti pernah mencicipi tahu susur seperti ini dan rasanya sangat gurih dan enak. Yang pasti akan membuat kita yang memakannya merasa ingin selalu memakannya hingga habis.
Selain itu tentu saja banyak orang yang dengan mudah bisa membuat tahu isi atau tahu susur ini, namun apabila kalian memang belum pernah membuat camilan gorengan seperti ini dan ingin mencobanya, berikut adalah Cara Membuat dan Resep Tahu Susur atau Tahu Isi Crispy Enak.

Cara Membuat dan Resep Tahu Susur atau Tahu Isi Crispy Enak

Bahan :
12 buah tahu sumedang ( atau tahu goreng yang lain )
3 buah bawang merah, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang halus
100 gr daging ayam rebus, cincang kasar
1 buah wortel, diserut
100 gram kol, iris halus
1 buah jagung manis dipipil
1 batang daun bawang, iris halus
gula, garam, merica
1 butir telur

Bahan celupan :
4 sdm terigu
1 sdm tapioka/kanji
200-300 ml air

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 butir kemiri
garam

Cara membuat :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan ayam, wortel, kol dan jagung manis. Menyusul daun bawang, beri bumbu, masak sampai agak kering. Masukkan telur, aduk rata sampai telur matang. Angkat dinginkan.
  2. Belah tahu tidak putus, beri isi sampai penuh. Sisihkan.
  3. Campur bahan celupan dan bumbu halus, beri air sampai adonan rata dan cenderung agak encer. Tapi jangan keenceran, nanti tahunya tidak bisa terselimuti adonan tepung.
  4. Masukkan tahu isi ke dalam celupan. Goreng sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan cabe rawit.
Bagaimana mudah kan? Seperti itulah Cara Membuat dan Resep Tahu Susur atau Tahu Isi Crispy Enak. Dan bagi kalian yang suka dengan masakan gorengan lainnya, silahkan baca Cara Membuat dan Resep Bakwan Jagung Renyah dan Enak dijamin pasti kalian ingin mencobanya juga.

Dan tidak hanya itu, saya juga ingin merekomendasikan kalian yang suka dengan puding, tidak ada salahnya kalian mencoba membuatnya sendiri dirumah. Tenang saja, dijamin mudah kok. Untuk bagaimana caranya, saya punya artikelnya kok. Ini Cara Membuat dan Resep Puding Coklat Paling Enak.

Artikel Terkait Gorengan ,Tahu

Arsip Blog