Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak 2013 - Jajananan yang sangat mudah untuk kita jumpai baik di jalan raya, maupun di pedalaman desa adalah bakso. Ya, bakso memang termasuk kedalam salah satu makanan dengan penggemar yang sangat banyak, sehingga kita tidak asing lagi jika melihat para penjual yang berjejeran di pinggir jalan.

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak



Tak hanya di pinggiran jalan besar, bakso sekarang ini juga sudah bisa kalian nikmati di depan rumah (jika ada tukang bakso lewat hehe). Namun karena banyaknya penggemar bakso inilah yang membuat beberapa oknum nakal membuat bakso dengan campuran zat-zat berbahaya.

Oke untuk menghindari itu semua, sebenarnya kalian dapat membuat bakso sendiri di rumah dengan mudah, selain lebih higenis tentunya bahan-bahan yang digunakan lebih sehat untuk dikonsumsi. Mau tau? Berikut adalah, Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak. Semoga bermanfaat.

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak

Bahan Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak :

  • 300 gr daging sapi
  • 150 gr tepung kanji
  • 5 btr bawang putih, goreng
  • 5 btr bawang merah, goreng
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • Penyedap rasa
  • 40 gr es batu
  • 2 liter air
Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak :
  1. Blander daging sapi, tepung kanji dan bumbu – bumbu hingga halus, masukkn setangah dari es batu. (Es batu setengahnya dulu agar tidak terlalu cair, jika dirasa kurang bisa ditambahkan setengahnya lagi). Blander lagi hingga halus.
  2. Atau jika anda ingin membuatnya secara manual, cincang daging, dan haluskan semua bumbu. Lalu dalam wadah aduk semua bahan daging, tepung kanji dan bumbu, serta es batu yang telah dihancurkan. Uleni adonan sampai adonan rata dan bisa dibentuk.
  3. Jika adonan masih susah di bentuk tambahkan es batu.
  4. Rebus air hingga mendidih. Jika sudah mendidih matikan.
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan yang anda inginkan. Atau bisa juga anda membentuk adonan bakso dengan cara : ambil segenggam adonan bakso lalu kepalkan, tekan hingga adonan muncul di antara jari telunjuk dan ibu jari, ambil dengan menggunakan sendok. Masukkan adonan bakso dalam air panas supaya bakso tidak menempel satu dengan yang lainnya.
  6. Lalukan hingga adonan habis. Lalu rebus bakso dengan api kecil saja.
  7. Jika sudah matang bakso akan mengapung. Angkat dengan serok ataupun sendok sayur yang berlubang. Bakso siap di gunakan.
Bagaimana dengan Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dan Enak nya? Mudah bukan? Buat kalian yang mungkin mau mencoba menu lain, saya punya Cara Membuat dan Resep Bakso Bakar Super Enak, Cara Membuat dan Resep Nasi Goreng Jawa Spesial, Cara Membuat Es Buah Segar, dll. Kalian juga bisa buka di blog saya.

Artikel Terkait Bakso

Arsip Blog