Resep Cara Membuat Garang Asem Ayam Khas Kudus

Garang Asem Kudus - Kali ini saya akan posting resep cara membuat garang asem khas Kudus. Garang asem merupakan salah satu menu kuliner yang sangat khas dengan rasanya yang gurih, pedas, asem, dan enak. Garang asem memiliki bahan dasar ayam yang dibotong kecil-kecil, diberi bumbu, santan lalu dibungkus dan dikukus.

Sampai sejauh ini sudah penasarankah kalian dengan resep garang asem khas Kudus? Berikut ini saya bagikan resep cara membuat garang asem khas kudus yang mudah dan enak, yang bakal menjadi garang asem favorit kalian.

Garang Asem Ayam Kudus 

Garang Asem Ayam Kudus

Bahan :
  • 1 ekor ayam, potong jadi 12 bagian
  • 1500 cc santan
  • Daun Salam
  • 10 iris tipis Lengkuas
  • 10 buah Belimbing Sayur, potong 1 cm
  • 3 buah tomat hijau, potong-potong
  • Jahe ( untuk mengurangi bau amis pada ayam )
  • Sereh/ serai
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang utk membungkus

Bumbu iris :
  • 6 butir Bawang Merah, iris tipis
  • 5 siung Bawang Putih, iris tipis
  • 5 Cabe Merah besar potong serong
  • 5 Cabe Hijau besar, potong serong

Garang Asem Ayam Kudus

Cara membuatnya :
  1. Tumis bumbu iris hingga harum, masukkan santan, ayam, garam, gula, daun salam, lengkuas, jahe dan serai. Masak sampai ayam lumayan empuk.
  2. Sediakan daun pisang cukup tebal, masukkan ayam bersama kuahnya. Kemudian tambahkan irisan belimbing sayur, tomat hijau dan cabe rawit.
  3. Kukus selama kurang lebih 15 menit.
  4. Angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng
Garang Asem khas Kudus ala berandama-sakan. Bagaimana menurut kalian? Ada banyak resep masakan lainnya juga. Ada resep lele bakar, resep sop daging sapi, resep ayam bakar, dan lainnya. Kunjungi saja di blog berandama-sakan ini. Selamat mencoba.
Bahan-bahan :

1. 1 ekor ayam potong (bersihkan, potong menjadi 20-25 bagian kecil).
2. 500 ml santan.
3. 1 btg serai (geprak lalu cacah halus).
4. 6 lbr daun salam.
5. 7 bh belimbing wuluh.
6. 12 bh cabai merah (potong kecil-kecil).
7. 7 bh tomat. (iris tipis).
8. 3 cm lengkuas (iris-irsi).
9. Merica bubuk secukupnya.
10. Garam secukupnya.
11. Gula secukupnya.
12. Daun pisang secukupnya (untuk membungkus).

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

1. 7 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. ½ sdt garam.
4. ½ sdt merica bubuk.
5. 3 btr kemiri (sangrai).

Cara membuat garang asem :

  1. Mula-mula haluskan semua bumbu yang dihaluskan, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi kedalam potongan ayam lalu aduk merata.
  2. Selanjutnya masukkan pula santan, serai, daun salam, belimbing wuluh, cabai merah, tomat, lengkuas, merica, garam, dan gula secukupnya lalu aduk kembali secara merata. Kemudian diamkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap kedalam ayam.
  3. Setelah itu, ambil daun pisang lalu bungkus untuk setiap 4-5 potong ayam dengan daun pisang.
  4. Kemudian kukus ayam yang sudah dibungkus daun pisang tadi selama kurang lebih 45 menit hingga ayam matang dan empuk.
  5. Terakhir angkat dan sajikan garang asem diatas piring saji.
Garang asem siap disantap bersama nasi putih hangat. Selamat mencoba resep dan cara membuat garang asem enak dan lezat khas Jawa Tengah. - See more at: http://kulinerbee.blogspot.com/2013/06/resep-dan-cara-membuat-garang-asem-enak.html#sthash.xstVZpK3.dpuf
Garang Garang asem salah satu jenis panganan tradisional Indonesia yang sudah sulit dicari. Garang asem ini berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah seperti Kudus, Pati, Pekalongan dan Demak. Garang asem memiliki bahan dasar seperti ayam yang dipotong beberapa bagian kecil, yang selanjutnya diberi bumbu dan air atau santan kelapa lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah serta cara membuat garang - See more at: http://kulinerbee.blogspot.com/2013/06/resep-dan-cara-membuat-garang-asem-enak.html#sthash.xstVZpK3.dpuf
Garang asem salah satu jenis panganan tradisional Indonesia yang sudah sulit dicari. Garang asem ini berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah seperti Kudus, Pati, Pekalongan dan Demak. Garang asem memiliki bahan dasar seperti ayam yang dipotong beberapa bagian kecil, yang selanjutnya diberi bumbu dan air atau santan kelapa lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah serta cara membuat garang - See more at: http://kulinerbee.blogspot.com/2013/06/resep-dan-cara-membuat-garang-asem-enak.html#sthash.xstVZpK3.dpuf
Resep Garang Asem Ayam Khas Jawa Tengah. Seperti namanya garang asem merupakan salah satu kuliner khas Jawa Tengah seperti Demak, Pati, Kudus, dan Pekalongan. Garam asem adalah salah satu makanan sehat yang minim akan lemak karena proses pengolahan dilakukan dengan cara dikukus.

Bahan mendasar resep garang asem yaitu santan, dipadu dengan potongan belimbing wuluh menjadikan rasa gurih, asam garang asem semakin lezat dan menambah selera makan. Jika anda tak sabar untuk mencobanya dirumah, berikut resep garang asem ayam khas Jawa Tengah.  
- See more at: http://resepkakak.blogspot.com/2013/11/resep-garang-asem-ayam-khas-jawa-tengah.html#sthash.hk0fHSeO.dpuf

Artikel Terkait Ayam ,Makanan

Arsip Blog